Protokol Mife-Miso untuk Usia Kehamilan 9-13 Minggu

Untuk usia kehamilan 9-13 minggu dosis obat yang dibutuhkan dalam protokol kombinasi ini masih sama dengan yang dibutuhkan untuk usia kehamilan 6-9 minggu. Reaksi dan efek sampingnya pun masih sama. Yang berubah hanya cara pakai dan produk konsepsinya.

Untuk usia kehamilan 9-13 minggu perempuan akan membutuhkan 200mg mifepristone. Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk 1 pil @200mg atau 8 pil @25mg, ini tidak akan mempengaruhi dosisnya karena kamu akan tetap mendapat 200mg. Kalau kamu mendapat 1 butir langsung saja telan seperti biasa. Jika kamu mendapat 8 kamu bisa minum 4 butir lalu habiskan sisanya dalam 2 menit.

Setelah 24 jam ambil 2 butir misoprostol dan letakkan di bawah lidah. Pil akan lumer dengan sendirinya, tapi sebelum 30 menit biarkan saja. Setelah pas 30 menit kamu bisa menelannya dengan air putih. 3 jam berikutnya, ambil 2 butir misoprostol lagi dan letakkan lagi di bawah lidah. Sama seperti sebelumnya, kamu bisa menelan lumeran yang masih tersisa di bawah lidah setelah tepat 30 menit.

Untuk mencegah rasa sakit yang berat selam proses tindakan kamu bisa menggunakan 800mg ibuprofen 30 menit sebelum kamu menggunakan misoprostol. Jika kamu juga seringkali merasakan mual di masa kehamilan kamu juga bisa mengkonsumsi domperidom yang bisa digunakan berbarengan dengan iburpofen. Atau kamu juga bisa menyiasati rasa mual dengan permen buah atau permen mint yang diemut di permukaan lidah saat mulai menggunakan miso.

Saat kamu akan tindakan pastikan kamu sehat. Sehat di sini artinya bebas dari infeksi apapun. Jika kamu kebetulan seorang ODHA kamu tetap bisa menghentikan kehamilan selama kondisi fisikmu cukup fit dan sehat. Mungkin kamu juga perlu menyiapkan obat-obatan pendamping dalam prosesnya. Pastikan kamu juga tidak memiliki riwayat gagal ginjal maupun kelainan jantung. Oya karena usia di kehamilan 9-13 minggu kamu sudah akan melihat lebih dari gumpalan darah dan jaringan, pastikan tensi darahmu juga cukup stabil agar prosesnya tidak terlalu membebani tubuhmu. Tensi darah ideal untuk aborsi medis adalah 100/60 – 120/80.

Oya, metode kombinasi ini memiliki efektivitas 98%, namun tetap ada risiko kegagalan sebesar 2%. Apa yang perlu dilakukan seandainya tindakan gagal? Tenang saja. Sama seperti misoprostol, mifepristone pun aman sepanjang digunakan dengan protokol yang tepat. Untuk memastikan kapan kamu perlu mengulang tindakan dan dosis apa yang dibutuhkan kamu bisa langsung hubungi teman-teman konselor di sini ;D