Pasca Aborsi Belum Tuntas, Normalkah?

Tiga minggu sudah berlalu pasca aborsi dan tibalah hari untuk tes kehamilan. Pasca aborsi perempuan pasti berharap hasil tesnya sudah negatif, namun ternyata tes kehamilan masih menunjukkan satu garis tegas dan satu garis samar alias aborsi belum tuntas. Duh, pasti rasanya bingung dan panik banget ya Ladies. Tenang dulu, nggak usah terburu-buru mencari obat lagi. Lho terus gimana dong?

Ketika aborsi belum tuntas yang perlu kamu lakukan adalah segera melakukan USG. Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya, aku sudah melakukan USG sebelum aborsi apakah penting untuk USG lagi? Tentu saja Ladies, karena hasil USG pasca tindakan inilah yang nantinya akan menentukan langkah apa yang perlu kamu ambil berikutnya. Kenapa bisa begitu, karena jika ukuran sisa jaringan yang terdeteksi dari USG ternyata hanya sebesar 2 cm atau malah kurang dari itu maka kamu cukup menunggu sampai menstruasi berikutnya yang akan membantu tubuh secara alami mengeluarkan sisa jaringan tadi tanpa perlu menambah obat. Nah kalau ternyata sisa jaringannya lebih dari 2 cm, berapapun ukurannya kamu bisa menggunakan 2 tambahan misoprostol. Caranya hampir sama seperti saat tindakan, cukup letakkan saja misoprostol di bawah lidah dan tahan selama 30 menit. Misoprostol akan memicu kontraksi rahim dan membantu pembersihan rahim hingga tuntas.

Perlukah minum obat pembersih? Wah tunggu sebentar Ladies, obat pembersih apa dulu nih… Karena secara medis sebetulnya tidak ada ‘obat pembersih’. Jamu-jamu dan kapsul yang beredar di pasaran sebetulnya belum betul-betul terbukti keampuhan dan keamanannya terhadap tubuh perempuan. Untuk memperlancar prosesnya yang sangat penting sebetulnya adalah mengurangi aktivitas yang memberatkan fisik dan mengurangi stres atau mencoba untuk lebih tenang dan rileks. Dengan begitu biasanya kontraksi akan semakin lancar sehingga prosesnya juga akan mulus. Walau begitu jika ternyata kamu mengalami perdarahan sampai lebih dari 5 minggu dengan volume perdarahan yang cukup banyak disertai banyak gumpalan tidak ada salahnya kamu memeriksakan diri ke dokter. Katakan saja pada dokter kalau kamu sudah menstruasi selama 3 minggu dan kamu butuh obat untuk menghentikannya. Pokoknya pastikan kamu merawat tubuhmu pasca aborsi dan tetap aman ya Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *