Perdarahan Berhenti, Apakah Aborsiku Gagal?

Ketika proses aborsi medis berjalan, banyak perempuan berpikir akan mengalami rasa sakit yang sangat kuat dan perdarahan yang sangat banyak. Karena itulah ketika perdarahan berhenti dalam waktu sehari-dua hari pasca tindakan mereka sering kali malah khawatir dan bertanya-tanya. Kira-kira apakah aborsiku gagal? Jangan-jangan prosesnya belum tuntas ya? Perlukah menambah obat atau sekalian saja dikuret?

Eits… tenang dulu Ladies, perdarahan berhenti belum tentu merupakan indikasi kegagalan tindakan. Nah, artikel kali ini akan membahas kenapa perdarahan berhenti dalam waktu singkat pasca tindakan dan apa yang bisa atau perlu dilakukan ketika itu terjadi. Read on!

Apakah aborsiku gagal?

Belum tentu! Sebetulnya banyak atau sedikitnya darah yang keluar dalam proses aborsi bukan merupakan indikator keberhasilan atau kegagalan tindakan tapi lebih merupakan indikator ada atau tidaknya komplikasi. Kalau begitu bagaimana memastikan apakah aborsiku gagal atau berhasil? Nah Ladies, keberhasilan proses aborsi kita lihat dari ada atau tidaknya produk konsepsi yang keluar. Memang di usia kehamilan kurang dari 9 minggu kamu akan perlu lebih teliti karena belum adanya janin jadi kamu akan perlu memastikan apakah gumpalan yang keluar adalah kantung kehamilan atau hanya gumpalan darah dan jaringan.

Seperti apa sih kantong kehamilan itu? Kantong kehamilan pada dasarnya adalah sebuah kantong yang teksturnya seperti selaput lemak tipis. Nah ketika kantong kehamilan ini keluar seringkali bentuknya sudah bukan kantong lagi merupakan hanya gumpalan saja. Warnanya bisa putih, kekuningan atau keabu-abuan, tentu saja dengan tekstur seperti lapisan lemak tadi. Untuk membedakannya dari gumpalan darah atau jaringan kamu bisa membersihkan setiap gumpalan yang keluar dengan air bersih dan lihat lagi seperti apa warnanya dan teksturnya.

Nah kalau perdarahanmu terhenti tapi kamu melihat keluarnya produk konsepsi maka tenang saja, sebetulnya prosesnya sudah berjalan lancar. Bagaimana jika perdarahan berhenti dan kamu tidak melihat produk konsepsi? Kamu bisa menunggu sekitar 3-10 hari dan jika sampai saat itu masih tidak melihat produk konsepsi juga kamu bisa melakukan USG untuk memastikan situasi kehamilanmu lebih lanjut.

Lalu kenapa perdarahanku berhenti ya?

Perdarahan berhenti dalam waktu singkat setelah tindakan sebetulnya masih tergolong fenomena yang wajar pasca aborsi. Memang tidak semua perempuan akan mengalami ini, tapi hal ini sangat mungkin terjadi. Selain itu, perdarahan yang ditimbulkan misoprostol memang tidak akan selalu terjadi setiap saat. Bisa saja terhenti atau hanya keluar flek selama beberapa hari kemudian mulai terjadi perdarahan lagi.

Karena itulah ketika perdarahan berhenti segera setelah tindakan, bisa saja nantinya kamu akan mengalami perdarahan lagi. Jadi usahakan kamu selalu membawa pembalut dalam masa follow-up walaupun kamu mungkin merasa perdarahan sudah berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *