Menghitung Usia Kehamilan dari Mana sih?

Untuk kamu para Ladies yang ingin menggunakan misoprostol untuk menghentikan kehamilan pasti tahu kalau kamu perlu menyesuaikan dosis obat dengan usia kehamilanmu. Karena itu kamu perlu menghitung usia kehamilan dengan tepat. Ah sebentar, gimana sih caranya menghitung usia kehamilan? Apakah dari terakhir kali berhubungan seksual atau dari hari terakhir menstruasi terakhir?

Nah sebetulnya, usia kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Hmmm apa itu hari pertama menstruasi terakhir atau HPMT? Pada saat kamu mulai mengalami kehamilan siklus menstruasi biasanya akan berhenti. Namun sebelum siklus menstruasi sepenuhnya terhenti biasanya perempuan masih mengalami menstruasi. Menstruasi terakhir yang didapat sebelum sama sekali berhenti inilah yang disebut menstruasi terakhir. Dari hari pertama menstruasi terakhir sampai hari inilah kamu bisa mendapatkan usia kehamilanmu.

Hmmm… kenapa bukan dihitung dari hari terakhir berhubungan seksual? Karena ketika perempuan aktif secara seksual kita tidak bisa memastikan hubungan seksual mana yang menyebabkan kehamilan. Selain itu, bisa jadi sperma masih bertahan di sekitar mulut rahim selama 5 hari setelah berhubungan seksual. Inilah yang biasanya menyebabkan perempuan bingung karena tes kehamilannya negatif namun mereka ternyata hamil.

Apakah hasil perhitungan ini pasti akurat? Tidak juga. Perhitungan ini tidak bisa diaplikasikan ketika siklus menstruasimu terlalu pendek atau terlalu panjang. Siklus menstruasi yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan ini adalah 28 – 35 hari. Selain itu tentu saja perhitungan ini bisa jadi rancu bagi perempuan yang baru pertama kali berhubungan seksual sehingga seringkali usia kehamilan yang terdeteksi di USG jauh lebih muda dibandingkan berdasarkan HPMT.

Jadi bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang akurat? Cara yang paling akurat tentu saja adalah dengan melakukan USG. Hanya saja, tidak semua perempuan memiliki dana yang cukup untuk melakukan USG dan karena itulah biasanya sepanjang usia kehamilanmu masih di bawah 11 minggu dan siklus menstruasimu teratur konselor tidak akan memintanya. Walaupun begitu, jika kamu tetap mau melakukan USG sebelum menggunakan misoprostol tentu tidak masalah sepanjang kamu memang mampu. Untuk layanan USG yang lebih terjangkau coba lakukan di puskesmas ataupun bidan yang kebetulan dapat memberikan layanan ini.

Semoga kamu bisa memastikan usia kehamilan dengan akurat ya Ladies! 😀

by CP

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *