Persiapan Sebelum Aborsi? Yuk Cek Satu-satu!

Aborsi dengan misoprostol memang lebih aman dan privasi pun lebih terjaga. Tapi karena kamu akan melakukannya secara swadaya ada baiknya kamu mempersiapkan apa-apa saja yang akan kamu butuhkan sepanjang dan setelah prosedurnya. Hmmm persiapan sebelum aborsi? Apa saja memangnya? Ayo kita cek di sini Ladies 😀

  1. Obat-obatan pendamping Hmmm… obat-obatan pendamping? Apa saja tuh? Untuk persiapan sebelum aborsi obat-obatan yang biasanya dianjurkan adalah ibuprofen untuk meredakan nyeri dan domeridom untuk mengurnagi mual. Nah bagi Ladies dengan rekam medis tertentu seperti HIV/AIDS juga ada baiknya menyiapkan antiretroviral untuk berjaga-jaga. Penggunaannya bagaimana? Untuk ibuprofen dan domperidom bisa digunakan 30 menit sebelum kamu mulai menggunakan misoprostol. Nah untuk penggunaan ARV bisa kamu diskusikan lagi dengan konselormu, yang penting pastikan kondisi tubuhmu sedang prima saat tindakan.
  2. Makanan kecil dan buah-buahan Dua sampai tiga jam sebelum mulai menggunakan miso biasanya konselor sudah menyarankan kamu untuk makan secukupnya. Tapi sepanjang proses kamu tetap bisa makan dan minum seperti biasa sepanjang itu bukan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari. Karena itu ada baiknya kalau kamu menyiapkan makanan kecil seperti roti dan buah-buahan. Oya saat konsumsi buah-buahan kamu tidak perlu khawatir ada pantangan tertentu. Kamu bisa menikmati semua jenis buah-buahan saat tindakan.
  3. Pendamping yang bisa dipercaya Bisa dipercaya dalam arti dia akan menjaga privasimu, tidak memiliki fobia terhadap darah dan bisa bertindak cepat saat dibutuhkan. Akan lebih baik lagi kalau pendampingmu saat tindakan bisa ngobrol dulu dengan teman-teman konselor jadi pendamping pun bisa menyiapkan apa yang perlu mereka siapkan. Oya pendamping ini juga akan sangat penting untuk mendukung kamu dan menjaga mood-mu tetap stabil, jadi pastikan kamu didampingi orang yang 100% mendukungmu dalam segala situasi saat tindakan.
  4. Cek rumah sakit/klinik terdekat Kemungkinan komplikasi memang hanya 1% tapi ada baiknya kamu bersiap-siap. Ingat, ketika komplikasi terjadi kamu harus mendapatkan penanganan dokter dalam 30 menit. Pastikan rumah sakit/klinik bisa dituju dari tempatmu melakukan tindakan dalam waktu kurang dari itu.
  5. USG jika dibutuhkan Kenapa butuh USG sebelum tindakan bisa kamu cek di artikel ini 😀
  6. Lokasi tindakan yang aman  Apa sih kriteria tindakan yang aman? Ketika kamu tindakan usahakan lokasi tindakan hanya berjarak 30 menit atau kurang dari klinik/rumah sakit. Selain itu lakukan tindakan di tempat yang privat. Jika kebetulan pendamping tindakanmu adalah pria atau pasangan pastikan mereka juga bisa mengakses lokasi tindakannya.
  7. Permen rasa buah/mint/mint-buah Lho, kenapa permen? Permen bisa kamu emut saat menahan obat di bawah lidah. Rasa buah dan rasa mint atau kombinasi mint dan buah terutama dianjurkan untuk mengurangi eneg maupun mual yang bisa timbul ketika kamu menggunakan misoprostol.

Nah segini dulu ya Ladies, semoga membantu tindakanmu aman dan lancar xD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *