Aborsi Kehamilan Kembar, Perlukah Tambah Obat?

Mengalami kehamilan tidak direncanakan saja sudah bisa membuat perempuan panik dan kebingungan. Nah, seperti kamu tahu, aborsi merupakan salah satu pilihan perempuan dalam situasi ini. Namun bagaimana jika kamu mau melakukan aborsi kehamilan kembar dengan misoprostol? Perlukah kamu menambah dosisnya? Tenang Ladies, nggak usah buru-buru ingin menambahkan dosis. Lho kok bisa? Yep. Kali ini kita akan jawab pertanyaan itu di artikel ini. Check it out 😀

Aborsi Kehamilan Kembar? Apa Bisa Pakai Obat?

Yep, bisa. Sama seperti kehamilan tunggal, selama kehamilanmu adalah kehamilan yang normal maka kamu akan bisa melakukan aborsi kehamilan kembar. Apa itu kehamilan normal? Kehamilan normal artinya di situ tidak terjadi gangguan kehamilan. Placenta previa, misalnya. Selain itu pastikan dulu dengan detil, apakah kehamilanmu memang kehamilan dengan kehamilan kembar atau hamil anggur. Tenang saja, biasanya ketika terjadi hamil anggur dokter juga pasti akan menyapaikan padamu. Jika kamu memang ragu dengan kondisi kehamilanmu coba pastikan lagi kepada doktermu. Jangan ragu untuk bertanya sedetil mungkin bahkan minta pendapat dari dokter lainnya.

Adakah pantangan untuk aborsi kehamilan kembar dengan misoprostol? Tentu saja ada. Pastikan kamu tidak memiliki riwayat kesehatan yang membahayakan untuk mengakses aborsi medis. Selain itu hindari juga aktivitas dan makanan maupun minuman yang bisa memperberat kondisimu setelah aborsi. Jika kamu belum yakin tentang pantangan-pantangan tersebut kamu bisa coba pastikan pada teman-teman konselor.

Dosisnya Bagaimana, Apa Perlu Ditambah?

Sebetulnya dalam aborsi kehamilan kembar banyak perempuan berpikir kalau semakin banyak dosisnya tentu akan semakin efektif. Sebetulnya ini persepsi yang salah. Dalam aborsi kehamilan kembar perempuan membutuhkan dosis yang sama dengan ketika kehamilannya merupakan kehamilan tunggal. Tentunya disesuaikan lagi dengan usia kehamilannya ya.

Kok bisa dengan dosis yang sama? Nah ini kembali lagi ke prinsip kerja misoprostol yang meluruhkan dinding rahim tempat kandungan menempel. Karena itu, walaupun USG mendeteksi adanya lebih dari 1 kantong kehamilan kamu tetap bisa melakukan aborsi aman dengan dosis obat yang sama.

Semoga sekarang kebingunganmu sudah berkurang dan semakin yakin dengan misoprostol ya Ladies ;D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *