Mau Aborsi Medis? Siapkan Ini Juga

Ketika perempuan memutuskan akan melakukan aborsi dengan obat ada kondisi-kondisi fisik yang perlu dipenuhi: tensi darah normal, terutama jika usia kehamilanmu sudah di atas 9 minggu dan tidak sedang mengalami infeksi maupun gejala penyakit seperti gagal ginjal dan gangguan jantung. Selain kondisi fisik ini, perempuan juga sangat disarankan untuk menghentikan pemakaian KB hormonal dan KB implan, baik IUD maupun susuk. Beberapa jurnal juga menyebutkan bahwa penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang juga sebaiknya menghentikan dulu pengobatan mereka sebelum melakukan aborsi dengan obat. Sekedar info saja, kortikosteroid ini biasanya digunakan dalam perawatan kulit wajah, terutama untuk mencerahkan kulit, pengobatan eksim dan psoriasis.

Jadi selama proses aborsi apakah aku sama sekali tidak boleh menggunakan obat-obatan? Sebaliknya Ladies, ketika kamu ingin menghentikan kehamilan dengan obat ada beberapa obat dan vitamin yang perlu kamu persiapkan. Apa saja itu? Yuk kita cek satu per satu.

Ibuprofen

Misoprostol atau cytotec bekerja dengan meluruhkan dinding rahim. Karena itu setelah penggunaan misoprostol biasanya kamu akan merasakan kram perut. Yup, seperti yang biasa kamu rasakan ketika menstruasi, terutama kalau menstruasimu tergolong berat. Tapi kalau kamu khawatir prosesnya akan menyakitkan kamu bisa banget mengkonsumsi painkiller atau pereda nyeri ini. Minum 800mg ibuprofen 30 menit sebelum kamu berencana menggunakan misoprostol ya, jadi ketika kamu mulai tindakan ibuprofen sudah bekerja dan meredakan nyeri yang nantinya akan muncul.

Domperidone

Banyak perempuan mengeluhkan rasa mual yang berat ketika hamil sehingga mereka khawatir muntah saat menggunakan misoprostol sehingga tindakan gagal dan perlu diulang. Nah untuk Ladies yang rasa mualnya cukup berat dengan frekuensi cukup sering, kamu bisa mengkonsumsi obat anti mual bersamaan dengan ibuprofen sebelum tindakan. Obat anti mual yang disarankan biasanya adalah domperidone dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek manapun.

Suplemen penambah darah

Dalam proses aborsi dengan obat, kandungan akan keluar bersama perdarahan. Karena itu kamu akan kehilangan darah seperti ketika menstruasi atau mungkin lebih. Perbanyak istirahat, makan sayuran hijau dan daging merah sejak seminggu sebelum tindakan. Jika biasanya tensi darahmu cenderung rendah kamu juga bisa menyiapkan suplemen penambah darah seperti Sangobion atau Ayam Brand yang bisa kamu konsumsi ketika tindakan.

Permen pedas atau rasa buah

Walaupun misoprostol tawar, namun salah satu efek samping yang ditimbulkan adalah mual dan eneg. Kadang, mual dan eneg ini bisa sangat mengganggu. Nah supaya rasa mual tadi bisa cukup berkurang dan kamupun terhindar dari memuntahkan obatnya kamu bisa siapkan permen rasa buah atau rasa mint. Kapan kamu bisa makan permen? Ketika kamu menahan misoprostol di bawah lidah kamu bisa sambil meletakkan permen di permukaan lidah yang kosong. Mual berkurang, kamu pun lebih tenang saat tindakan.

Losion anti gatal atau obat alergi

Ini juga salah satu efek samping misoprostol: gatal dan kebas seperti alergi. Memang tidak semua perempuan pasti akan mengalami gejala ini tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga supaya kamu tetap merasa nyaman sepanjang proses aborsi. Karena itu, sebelum tindakan kamu bisa siapkan dulu obat-obatan anti-histamin, atau untuk mengurangi konsumsi obat cukup dengan losion anti gatal saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *