Testpack Sudah Negatif kok Masih Pendarahan sih?

Proses penggunaan misoprostol sudah dijalani dengan aman. Hasil testpack 3 minggu setelah aborsi juga sudah negatif. Tapi ternyata perempuan masih mengalami perdarahan. Aman nggak sih ini, atau apakah ini sebenarnya tanda komplikasi?

Pertanyaan ini seringkali mengusik perempuan, apalagi yang masih perdarahan hingga lewat 3 minggu. Padahal kan kata teman-teman konselor masa follow-up itu 3 minggu ya, jangan-jangan aku… ? Eit, tenang dulu. Sebenarnya memang lamanya perempuan mengalami perdarahn itu berbeda-beda. Kalau perdarahanmu berlangsung kurang dari 3 minggu, belum tentu proses aborsi pasti gagal. Sebaliknya, kalau perdarahanmu berlangsung hingga 4 minggu pun belum tentu terjadi komplikasi atau akibat penyakit tertentu. Perhitungan 3 minggu ini sebenarnya hanya rata-rata saja. Bisa jadi kamu mengalami perdarahan selama lebih dari 3 minggu karena perdarahan sempat terhenti selama beberapa hari atau karena dalam masa follow-up perdarahan yang terjadi setiap harinya sangat sedikit, sekedar flek-flek saja. Bahkan, ada juga lho perempuan yang langsung mengalami menstruasi lagi setelah masa 3 minggu.

Aktivitas selepas aborsi juga bisa mempengaruhi lho. Apakah aktivitasmu cenderung membuatmu capek atau stress? Apakah kamu sempat melakukan aktivitas seksual tidak aman selepas proses aborsi medis? Apakah kamu cukup istirahat? Bisa jadi perdarahan yang sempat berkurang atau bahkan terhenti kemudian bertambah volumenya karena kamu kelelahan dan stress, atau akibat aktivitas seks yang tidak aman.

Tapi ketika perdarahanmu mulai disertai keputihan yang berbusa, berwarna kuning atau kehijauan, demam dan gatal disertai aroma busuk maka bisa jadi kamu mengalami infeksi. Atau bisa juga kamu ternyata melihat tanda-tanda komplikasi walaupun prosesnya sudah berlangsung jauh sebelumnya.

Jika ini terjadi langsung saja periksakan dirimu ke dokter. Sampaikan saja kalau kamu mengalami keguguran spontan sekitar 2 minggu sebelumnya. Kalau masih ragu langsung saja obrolkan dengan teman-teman konselor. Semoga membantu! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *