Hamil Lagi Setelah Aborsi dengan Obat? Pasti Bisa dong!

Biasanya perempuan merasa ragu untuk melakukan aborsi dengan obat karena khawatir obat aborsi bisa berdampak jangka panjang pada rahim dan akhirnya tidak bisa hamil lagi. Munculnya pendapat ini sebetulnya cukup wajar karena di negara kita informasi tentang aborsi aman sangat terbatas.

Jadi apakah kamu bisa hamil lagi setelah aborsi? Jawabannya: Sepanjang kamu mengakses aborsi aman maka, ya, kamu bisa hamil lagi. Di sini yang perlu kamu perhatikan adalah apakah metode aborsinya aman atau tidak. Aborsi medis sendiri adalah salah satu metode aman yang direkomendasikan langsung oleh WHO alias Badan Kesehatan Dunia.

Lho aku kan aborsi dengan obat sesuai anjuran WHO, pasti aman dong! Ssttt… walaupun aborsi dilakukan dengan obat tapi belum tentu aman lho. Apakah dosis dan cara minumnya sudah tepat? Apakah reaksinya memang sesuai dengan reaksi yang diharapkan? Apakah kamu memiliki kondisi yang membuatmu perlu mempertimbangkan opsi selain aborsi dengan obat?

Selalu pilih metode aborsi yang aman dan bekal informasi yang akurat. Pastikan layanan informasi aborsi yang kamu akses memang menyediakan informasi aborsi aman yang terpercaya supaya kamu bisa hamil lagi jika memang sudah siap.

Kembali lagi ke topik, biasanya setelah masa follow-up berakhir atau setelah kurang lebih 3 minggu kamu bisa langsung memasuki masa subur kembali. Lho kak, berarti setelah seluruh proses aborsi dengan obat selesai aku sudah bisa hamil lagi? Betul. Makanya, selalu pastikan untuk memakai kontrasepsi jika kamu masih mau menunda kehamilan. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati? ;D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *