Kemarin Aku Pakai Cytotec Kok Masih Belum Perdarahan ya?

Hola Ladies, buat kamu yang sedang dalam proses aborsi dengan obat pasti deg-degan banget menunggu hasilnya. Karena itu, biasanya perempuan yang sedang menjalankan aborsi medis jadi ekstra perhatian dan hati-hati. Detil sekecil apapun diperhatikan, apalagi kalau sudah sehari berlalu masih belum ada perdarahan. Berikut detil-detil kecil yang bisa mempengaruhi proses aborsimu dan apa yang bisa dilakukan selanjutnya.

  1. Prosentase keberhasilan: Tingkat keberhasilan aborsi dengan misoprostol atau cytotec adalah 86%. Cukup tinggi, namun memang ada kemungkinan gagal sebesar 14%. Tenang saja, penyedia obat terpercaya pasti akan menyediakan garansi.
  2. Usia kandungan yang kurang tepat: Saat usia kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir bisa jadi sudah mencapai 6 minggu. Tapi ternyata usia kehamilan sebenarnya kurang dari itu, sehingga kemungkinan gagal lebih besar. Untuk memastikan usia kehamilan yang tepat memang akan lebih baik kalau kamu bisa USG.
  3. Reaksi yang tertunda: Beberapa perempuan baru mengalami reaksi setelah 3 hari, bahkan ada juga yang baru muncul 7 hari kemudian. Tapi tenang saja, selama kamu tidak melihat gejala komplikasi berarti proses berjalan lancar.
  4. Gangguan perdarahan: Riwayat gangguan perdarahan bisa mempengaruhi kelancaran proses aborsi, terutama ketika usia kehamilanmu sudah di atas 9 minggu. Apa saja sih gejala gangguan perdarahan? Jika kamu melihat munculnya lebam di kaki dan tangan saat kecapekan atau stres bisa jadi kamu sebenarnya punya gangguan perdarahan.
  5. Kandungan cenderung kuat: Perkembangan kehamilan tiap perempuan berbeda-beda. Karena itu ada juga perempuan yang kandungannya lebih kuat dari yang lain.
  6. Muntah: Jika kamu muntah kurang dari 40 menit setelah obat ditelan, bisa jadi tubuhmu belum menyerap obat secara optimal dan menurunkan efektivitasnya.

Jadi apa yang bisa aku lakukan kalau belum ada reaksi? Pastikan kamu tetap tenang. Tunggu sampai 3 hari. Kalau kamu masih belum melihat reaksi yang diharapkan langsung saja telepon konselormu untuk memastikan apa yang kamu butuhkan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *