Pertanyaan Seputar Aborsi Aman Hingga 13 Minggu

Obat sudah punya. Makan juga sudah. Tapi kamu masih bingung atau pertanyaan seputar prosesnya. Yuk kita jawab satu-satu pertanyaan yang sering muncul soal aborsi aman sampai usia kehamilan 13 minggu.

  1. Obatnya membuatku mual. Bagaimana mencegah muntah? Siapkan permen rasa buah atau permen yang mint yang sangat pedas. Sambil menahan obat di bawah lidah kamu bisa ngemut permen yang kamu letakkan di lidahmu.
  2. Aku suka makan pedas. Kapan aku bisa makan pedas lagi? Hindari makanan pedas sampai 3 hari setelah minum obat. Kenapa? Karena makanan pedas bisa membuat perut mulas, sementara reaksi misoprostol sendiri salah satunya adalah kram dan nyeri perut. Kalau ditambah makanan pedas, takutnya perut akan semakin melilit. Tenang, kamu bisa makan pedas lagi setelah lewat 3 hari kok.
  3. Setelah dosis pertama aku mulai perdarahan. Apa aku perlu habiskan obatnya? Pasti. Habiskan obat sesuai petunjuk yang kamu dapat dari konselor agar rahim benar-benar bersih. Jika jumlah obat yang kamu gunakan kurang dari yang dosis yang sudah diberikan bisa jadi perdarahan terjadi namun embrio tetap berada dalam rahim dan kehamilan pun berkembang.
  4. Aku perokok. Apa boleh aku merokok saat tindakan? Bisa dong. Bagi sejumlah orang, merokok membuat tubuh lebih rileks sehingga membuat proses abrsi lebih mudah. Selain itu, sejauh ini tidak ada penelitian yang membuktikan baahwa tembakau adalah kontraindikasi misoprostol.
  5. Apa ada buah yang perlu kuhindari setelah minum obat? Tenang saja, setelah konsumsi misoprostol kamu bisa konsumsi buah apa saja. Tidak ada batasan. Tambahkan sayuran hijau dan daging merah juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *