Komplikasi dan Infeksi

Dalam proses aborsi medis dengan Misoprostol, kita perlu memperhatikan adanya tanda-tanda komplikasi dan melakukan pencegahan terjadinya infeksi.
Apa saja tanda-tanda komplikasi dan infeksi? Mari simak!

  1. Pendarahan Hebat – Hal yang membedakan pendarahan hebat dengan pendarahan normal adalah volume dan tipe pendarahannya. Pendarahan yang terjadi ketika aborsi medis dikatakan hebat apabila dalam 1 jam, anda harus mengganti pembalut hingga 2-3 kali dan berlangsung selama 2 jam berturut-turut atau jika pendarahan muncul seperti air kran yang mengalir. Selama tindakan, gunakan pembalut reguler (pembalut untuk siang hari) supaya anda dapat mencermati apakah pendarahan yang muncul masih normal atau sudah masuk dalam kategori pendarahan hebat.
  2. Nyeri Berat. – Apabila dalam beberapa hari pasca tindakan aborsi medis, anda mengalami nyeri yang sangat berat yang bahkan tidak mereda dengan pereda nyeri. Munculnya nyeri ini dapat menjadi indikasi adanya komplikasi atau infeksi.
  3. Keluar cairan vagina berbau menyengat – Cairan vagina ini dapat berupa keputihan atau jika pasca tindakan mungkin keluar bersama darah. Bau menyengat yang dimaksud adalah bau seperti telur atau ikan busuk dan bisa juga disertai gatal atau panas di wilayah sekitar vagina. Gejala ini bisa jadi adalah indikasi adanya infeksi.

Nah, jika ketiga gejala tersebut muncul atau anda rasakan, maka anda perlu segera memeriksakan diri ke rumah sakit ya!

Lalu, bagaimana bisa mencegah infeksi pasca tindakan aborsi medis?

  1. Tidak berhubungan seksual minimal 5 hari setelah tindakan aborsi.
  2. Tidak menarik plasenta atau jaringan apapun yang mungkin tertahan di vagina.
  3. Tidak berendam di air sabun (sabun, bubble, aromatherapy, dan bahan kimia lain)
  4. Tidak menggunakan tampoon.
  5. Membasuh vagina hingga bersih dengan air dan mengeringkannya terlebih dahulu.

Nah, kira-kira itu yang bisa kita lakukan dan persiapkan. Jika ada yang kurang jelas, bisa langsung kontak WA atau Line Chat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *